Senin, 18 Februari 2013

Leophard 2

Leopard 2 A5 der Bundeswehr.jpg 
Pengembangan
Bahkan sebagai Leopard 1 yang memasuki layanan pada tahun 1965, versi up-ditembak dengan pistol L44 baru Rheinmetall 120 mm sedang dipertimbangkan untuk mengikuti dengan desain Soviet baru, tapi ini dibatalkan dalam mendukung MBT-70 "super-tank "Proyek yang dikembangkan bersama-sama dengan Amerika Serikat. The MBT-70 adalah desain yang revolusioner, tapi setelah overruns biaya besar, Jerman mengundurkan diri dari proyek tersebut pada tahun 1969.
Bekerja pada pembangunan nasional dimulai pada 1970 oleh Krauss-Maffei. Setahun kemudian, pilihan dibuat untuk itu harus didasarkan pada Experimentalentwicklung sebelumnya (kemudian bernama Keiler) proyek akhir tahun enam puluhan (itu sendiri berasal dari Leopard vergoldeter atau "emas Leopard"), bukannya menjadi dimodifikasi MBT-70 atau Eber. Nama desain ditentukan pada tahun 1971 sebagai "Leopard 2" dengan Leopard asli retroaktif menjadi Leopard 1. Tujuh belas prototipe diperintahkan tahun itu (hanya enam belas lambung dibangun). Mereka harus memiliki berat maksimum lima puluh ton metrik.
Pada tanggal 11 Desember 1974 Nota Kesepahaman ditandatangani dengan Amerika Serikat untuk produksi bersama kemungkinan suatu MBT baru, setelah Amerika telah membeli dan diselidiki prototipe nomor lambung tujuh pada tahun 1973. Mengingat pengalaman di Yom Kippur tingkat yang jauh lebih tinggi dari perlindungan dituntut dari yang diimplementasikan dalam prototipe, yang digunakan berat armor spasi miring. Kelas berat badan meningkat menjadi enam puluh ton. Prototipe nomor empat belas menara diubah untuk menguji konfigurasi baju baru, dan berubah menjadi menara blockier mencari akibat menggunakan baju besi baja vertikal berlubang, itu sudah sudah jauh lebih produktif daripada menara dari Leopard 1 karena internal yang besar amunisi loker penyimpanan dalam kesibukan belakang. The Leopard 2 sehingga awalnya digunakan armor berlubang, dan tidak Chobham armor seperti yang kadang-kadang diklaim. PT-14 menggunakan 120 mm Rheinmetall pistol (sebagai akhirnya melakukan Abrams AS). Setelah ini, dua hulls prototipe baru dan tiga menara diperintahkan, satu (PT-20) mounting L7A3 asli 105 mm gun dan api Hughes sistem kontrol, kedua (PT-19) dengan sistem pengendalian kebakaran yang sama tetapi mampu " swap keluar "pistol untuk desain 120 mm Rheinmetall (itu memang jadi berubah oleh Amerika), dan satu lagi (PT-21) mounting Hughes-Krupp Atlas Elektronik EMES 13 sistem pengendalian kebakaran, dengan pistol mm 120.Leopard 2 Prototipe (pre-series) PT 19 (1978)
Pada pertengahan 1976 prototipe 19 dikumpulkan dan dikirim ke Amerika Serikat, bersama dengan nomor lambung dan dua puluh kendaraan target khusus untuk menguji armor. Prototipe disebut Leopard 2AV (Versi Austere) karena memiliki sistem pengendalian kebakaran disederhanakan. Tiba di AS pada akhir Agustus 1976, dan tes perbandingan antara Leopard 2 dan XM1 (nama prototipe M1 Abrams untuk) prototipe diadakan dari 1 September di Aberdeen Proving Ground, yang berlangsung sampai Desember 1976. Tentara AS melaporkan bahwa Leopard 2 dan XM1 yang sebanding dalam senjata dan mobilitas, tetapi XM1 itu unggul dalam proteksi lapis baja. Hari ini kita tahu ini benar dalam hal hit dengan muatan kosong; tetapi melawan KE-2 menyerang Leopard hampir dua kali serta dilindungi sebagai M1 aslinya (650 mm sampai 350 mm). Lebih tradisional multi-bahan bakar mesin turbodiesel juga lebih dapat diandalkan, dan memberikan kinerja yang sama dengan konsumsi bahan bakar lebih sedikit, dengan lebih banyak suara, tetapi tanda tangan panas yang lebih kecil. Ini jenis mesin juga memungkinkan untuk startups mesin cepat dan shutdowns untuk mencegah kebutuhan untuk waktu yang lama pemalasan di medan perang. Hull dua puluh dilengkapi dengan bobot simulasi, kemudian diketahui bahwa ini hanya bisa disamai berat menara tanpa modul armor dipasang, membatalkan semua data kinerja. Setelah uji komparatif Leopard 2 lambung dikembalikan ke Jerman untuk evaluasi lebih lanjut, namun menara tetap 19 dan dipasang pada lambung prototipe tujuh, sementara senjata yang diubah untuk 120 mm Rheinmetall. Dalam tes sampai Maret 1977 itu ditemukan jauh lebih unggul mm 105 L7 dipasang di Abrams, yang dikonfirmasi oleh berikutnya tangki NATO meriam kontes.
Sebelum tes mulai Amerika Serikat telah memilih prototipe Chrysler XM1 untuk pengembangan penuh. Pada Januari 1977 Jerman memerintahkan kecil pra-seri tiga lambung dan dua menara, yang disampaikan pada tahun 1978. Kendaraan ini telah meningkat proteksi lapis baja di bagian depan lambung. Pada bulan September 1977 1800 Leopard 2 diperintahkan, yang akan diproduksi dalam lima batch. Yang pertama disampaikan pada tanggal 25 Oktober 1979. Tentara Belanda sudah menolak M1 karena biaya operasional yang tinggi dan penolakan oleh Amerika agar sesuai dengan versi Belanda dengan pistol mm 120 dan bukannya memerintahkan 445 2s Leopard pada tanggal 2 Maret 1979. Petenis Swiss memerintahkan 35 tank pada tanggal 24 Agustus 1983 dan mulai produksi lisensi 345 kendaraan tambahan pada bulan Desember 1987. Jadi tidak menjadi sukses ekspor utama pada 1980-an (tidak ada tangki generasi terbaru itu), jenis menjadi sangat populer pada 1990-an, ketika tentara Jerman menyusut ditawarkan banyak 2s berlebihan nya Leopard dengan harga berkurang. Ini menjadi cukup sukses di Eropa bahwa produsen mulai menyebutnya Leopard Euro, meskipun Perancis, Inggris, dan Italia semua operasi MBTS mereka sendiri. Tetapi dengan lebih non-Eropa perintah, nama "Global-Leopard" sekarang digunakan sebagai gantinya. [4]DisainPerlindungan
The Leopard 2 menggunakan spasi, berlapis-lapis baja komposit seluruh desain. The Leopard 2A5 dan model A6 memiliki perisai tambahan yang ditambahkan ke depan menara, dan di rok lambung dan sisi [5] Perkiraan tingkat perlindungan untuk rentang 2 Leopard dari 590 -. 690 RHAe pada turret, 600 RHAe pada glacis dan rendah depan lambung pada 2A4 Leopard, ke 920 -. 940 RHAe pada RHAe, menara 620 pada glacis dan lambung depan lebih rendah pada 2A6 Leopard terhadap proyektil kinetik [6] Tambang dilindungi Leopard 2A4M dan 2A6M menambahkan perlindungan tambahan tambang piring untuk perut, yang meningkatkan perlindungan terhadap tambang dan alat peledak improvisasi [6]. Semua Leopard 2 varian setelah 2A6 Leopard termasuk liners spall di bagian dalam tangki, melindungi kru [6]. The 2A6M Leopard BISA meningkatkan perlindungan terhadap granat roket (RPG) dengan memasukkan serpihan baju besi tambahan. [7]
Dua kelompok 4 mortir 76 mm asap Wegmann dipasang di kedua sisi menara dan dapat elektrik dipecat baik sebagai putaran tunggal atau dalam salvos empat yang dipasang pada kebanyakan model Leopard 2, dengan pengecualian 2s Leopard Belanda, yang bukan dilengkapi dengan sistem Belanda dirancang mortar asap dengan enam barel di setiap sisi [6]. Swedish Leopard 2s menggunakan dispenser asap Perancis GALIX, mirip dengan sistem yang ditemukan pada Leclerc Perancis. [8]
Para kru juga dilindungi terhadap Nuklir, Biologi dan (NBC) Kimia ancaman, karena 2 Leopard dilengkapi dengan sistem overpressurization NBC yang menyediakan hingga 4 (0.004 kp/cm2) tekanan over-mbar dalam kendaraan [6].
The Leopard 2 dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran. Empat 9 kg Halon pemadam kebakaran botol dipasang di tepat di belakang stasiun pengemudi. Botol yang terhubung ke pipa dan selang dan diaktifkan secara otomatis oleh sistem deteksi kebakaran, ketika temperatur naik di atas 82 ° C (180 ° F) di dalam kompartemen pertempuran, atau secara manual melalui panel kontrol di kompartemen pengemudi. [6] An tambahan 2,5 kg Halon pemadam kebakaran juga disimpan di lantai bawah meriam utama.PersenjataanAmunisi penyimpanan dari Leopard 2A4.Primer
Persenjataan utama untuk versi produksi Leopard 2 adalah Rheinmetall 120 mm smoothbore pistol, baik dalam varian L44 (ditemukan pada semua 2s produksi Leopard sampai A5), atau varian L55 (seperti yang ditemukan pada 2A6 Leopard dan model selanjutnya) . [6] 27 butir amunisi meriam utama disimpan dalam sebuah majalah khusus di bagian depan hull, di sebelah kiri stasiun pengemudi, dengan 15 putaran tambahan disimpan di sisi kiri kesibukan turret, dan terpisah dari kompartemen berjuang dengan pintu dioperasikan secara elektrik [6]. Jika area penyimpanan amunisi terkena, panel blow-off di atap turret akan mengarahkan ledakan ke atas menjauh dari kompartemen kru [6] Pistol sepenuhnya stabil., dan dapat menembakkan berbagai jenis putaran, seperti putaran APFSDS-T Jerman DM33 anti-tank, yang dikatakan mampu menembus 560 milimeter (22 in) dari baja baja pada kisaran 2.000 meter (2.200 yd) , [9] dan Jerman DM12 multiguna anti-tank proyektil (MPAT) [10] Untuk pistol L55, seorang APFSDS-T baru putaran diperkenalkan untuk mengambil keuntungan dari laras yang lebih panjang, DM-53,. yang dikatakan dapat menembus lebih dari 810 mm dari baja RHAe pada kisaran 2.000 meter [6]. The evacuator membosankan dan lengan termal senjata itu dari A4 dan A5, yang dirancang untuk mengatur suhu laras, yang dibuat dari kaca -diperkuat plastik. Laras memiliki lapisan krom untuk meningkatkan kehidupan barel. [11] Pistol utama adalah mampu mengangkat daya dari +20 ° sampai -9 ° [12].
Rheinmetall telah mengembangkan upgrade untuk Leopard 2 tank untuk memberi mereka kemampuan untuk menembakkan rudal anti-tank Lahat dipandu melalui meriam utama,. Rudal dapat melakukan target ke berbagai 6.000 meter (20.000 kaki) [13]Sekunder
The Leopard 2 ini dilengkapi dengan dua senapan mesin, salah satu co-aksial dipasang, yang lain pada gunung anti-pesawat. Pada model Jerman, dua senapan mesin MG adalah 3 7,62 mm senapan mesin, pada model Belanda dan Singapura, dua senapan mesin FN MAG adalah senapan mesin 7,62 mm, dan pada model Swiss, mereka Swiss MG 87 senapan mesin 7,5 mm. [6] 4750 butir amunisi senapan mesin yang dilakukan pada papan Leopard 2.Pemeriksa anti kebakaranLihat melalui pemandangan panorama R17 PERI
Sistem kontrol api standar ditemukan pada 2 Leopard adalah EMES Jerman 15 kebakaran sistem kontrol dengan perbesaran ganda stabil pemandangan utama. Pemandangan utama memiliki Neodymium Garnet Itrium terintegrasi Aluminium (Nd: YAG). State pengintai laser solid dan 120 elemen kadmium merkuri telluride, CdHgTe (juga dikenal sebagai CMT) Zeiss sight termal yang keduanya dihubungkan ke komputer kontrol tangki api [14 ] Sebuah 8x cadangan tambahan teleskop FERO-Z18 sudah terpasang koaksial untuk penembak. [6] Komandan memiliki periskop independen, Rheinmetall / Zeiss PERI-R 17 A2. The PERI-R 17 A2 adalah pemandangan periskop distabilkan panorama yang dirancang untuk hari / malam observasi dan identifikasi sasaran, dan memberikan pandangan semua bulat dengan melintasi dari 360 ° [14] Gambar termal dari periskop komandan tersebut. Ditampilkan pada memantau di dalam tangki. Tank produksi awal tidak dilengkapi dengan pemandangan termal, karena pandangan yang tidak siap, dan sebagai gantinya sementara diganti 200 cahaya TV sistem PZB rendah (LLLTV). [6]
Suite pengendalian kebakaran mampu menyediakan hingga tiga nilai rentang dalam empat detik. Data Rentang ditransmisikan ke komputer pengendalian kebakaran dan digunakan untuk menghitung solusi menembak. Juga, karena pengintai laser diintegrasikan ke dalam penglihatan utama penembak, penembak mampu membaca pengukuran jangkauan digital secara langsung. Jangkauan maksimum dari pengintai laser hanya kurang dari 10.000 m dengan akurasi pengukuran ke dalam 20 m di kisaran ini. [14] Sistem gabungan memungkinkan Leopard 2 untuk terlibat target bergerak pada kisaran hingga 5.000 meter sementara itu sendiri berada di bergerak di medan yang kasar.Tenaga penggerakLeopard 2 MTU MesinJerman Leopard 2A4 dengan turret snorkeling, 2010.
The Leopard 2 didorong oleh mesin MTU MB 873 diesel, yang menyediakan 1.500 PS (1.103 kW) dari output mesin. The MTU MB 873 mesin diesel adalah empat-stroke, 47,6 liter, 12 silinder multi-bahan bakar, knalpot turbo-charged, liquid-cooled engine, yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar diperkirakan sekitar 300 liter per 100 km di jalanan dan 500 liter per 100 km di seluruh negeri, dan digabungkan dengan gigi HSWL Renk 354 dan sistem rem. [6] [14] The Renk HSWL 354 transmisi memiliki 4 maju, 2 gigi mundur dengan konverter torsi dan benar-benar otomatis, dengan sopir memilih jangkauan. [6] The Leopard 2 memiliki tangki bahan bakar 4, yang memiliki kapasitas total sekitar 1.160 liter, memberikan berbagai jalan maksimum sekitar 500 km [6] Bersama, paket propulsi mampu mengemudi Leopard 2. dengan kecepatan jalan atas 68 km / h (yang terbatas-oleh hukum, tidak teknis-sampai 50 km / jam selama masa damai), dan reverse atas adalah 31 km / jam. [6] The power pack dapat diubah dalam lapangan di menit 35 [6]. Mesin dan transmisi dipisahkan dari kompartemen kru melalui sekat tahan api. [14] Sebuah versi yang disempurnakan dari EuroPowerPack, dengan 1.650 PS (1,214 kW) MTU MT883 mesin juga telah diuji coba oleh Leopard 2 [14].
The Leopard 2 memiliki suspensi torsion bar, dan memiliki peredam gesekan maju. The running gear terdiri dari tujuh ganda karet-Tyred roda jalan dan rol kembali empat per sisi, dengan roda idler di depan dan sprocket drive di belakang [6]. Trek adalah trek 570F Diehl, dengan karet-bashed konektor end, yang memiliki bantalan karet dapat dilepas dan menggunakan 82 link di setiap lagu. Untuk penggunaan di tanah es, sampai dengan 18 bantalan karet dapat diganti dengan jumlah yang sama dari grousers, yang disimpan di haluan kendaraan jika tidak digunakan [6]. Bagian atas trek ditutupi dengan side skirt, dengan pertama roda dua dan jalan pemalas ditutupi oleh rok lapis baja. [12]
The Leopard 2 dapat melewati air 4 meter (13 kaki) dalam menggunakan snorkeling atau 1,2 meter (3 kaki 11 in) tanpa persiapan apapun dan memanjat hambatan vertikal lebih dari satu meter.
Tentara Jerman telah memprioritaskan mobilitas nya Leopard 2 yang dianggap MBT tercepat yang ada. [15]Produksi
Pada bulan September 1977, Kementerian Pertahanan Jerman memutuskan untuk melanjutkan dengan rencana produksi 1.800 2s Leopard, yang akan disampaikan dalam lima batch. Krauss-Maffei dipilih lagi-lagi sebagai kontraktor utama, tapi kali ini Maschinenbau Kiel (MaK), dari Kiel akan menjadi subkontraktor (45%) utama. Pengiriman dimulai pada tahun 1979, dan pada tahun 1982 batch pertama dari 380 Leopard 2, 209 oleh Krauss-Maffei (. Chassis Nr 10.001-10.210) dan 171 oleh Mak (. Chassis Nr 20.001-20.172) selesai. Yang paling awal dari mereka dilengkapi dengan intensifier gambar, 80 terakhir dengan sistem termal baru malam-penglihatan, dan ini kemudian dipasang pada model sebelumnya.
Pelanggan ekspor pertama adalah Belanda yang menerima 445 kendaraan antara Juli 1981 dan Juli 1986 [16] Belanda kemudian dijual kembali 114 ini (dan satu menara) ke Austria, 80 ke Kanada pada tahun 2007, [17] lain 52 tank ke Norwegia. dan akhirnya 37 ke Portugal. Swedia juga mengakuisisi 280 macan tutul, 160 2A4s dari saham Jerman, Stridsvagn ditunjuk 121, dan sisanya Leopard 2 (S) model (ditunjuk Stridsvagn 122) serupa di konfigurasi dengan varian Leopard 2A5. Spanyol pertama disewakan dan kemudian membeli 108 model 2A4 pada periode interim sebelumnya 219 lisensi-dibangun 2A6 model Leopard (Leopard 2E) yang siap untuk menggantikan mereka. Swiss membeli 380 antara tahun 1987 dan 1993. Sejumlah negara juga menggunakan versi tangki, termasuk Polandia, Denmark, Finlandia, Yunani (lisensi-dibangun Leopard 2Hel), Turki dan Chile. Jerman telah menerjunkan sekitar 2.125 Leopard 2s dalam berbagai versi. Desainnya juga diuji oleh Inggris pada 1980-an, yang akhirnya memutuskan pada Challenger 1. Tentara Australia dievaluasi ex-Jerman 2s Leopard sebagai pengganti Leopard nya 1 tank pada tahun 2003 tetapi memilih Abrams M1A1.


0 komentar:

Posting Komentar