Pengembangan
Bahkan
sebagai Leopard 1 yang memasuki layanan pada tahun 1965, versi
up-ditembak dengan pistol L44 baru Rheinmetall 120 mm sedang
dipertimbangkan untuk mengikuti dengan desain Soviet baru, tapi ini
dibatalkan dalam mendukung MBT-70 "super-tank "Proyek yang dikembangkan bersama-sama dengan Amerika Serikat. The
MBT-70 adalah desain yang revolusioner, tapi setelah overruns biaya
besar, Jerman mengundurkan diri dari proyek tersebut pada tahun 1969.
Bekerja pada pembangunan nasional dimulai pada 1970 oleh Krauss-Maffei. Setahun
kemudian, pilihan dibuat untuk itu harus didasarkan pada
Experimentalentwicklung sebelumnya (kemudian bernama Keiler) proyek
akhir tahun enam puluhan (itu sendiri berasal dari Leopard vergoldeter
atau "emas Leopard"), bukannya menjadi dimodifikasi MBT-70 atau Eber. Nama desain ditentukan pada tahun 1971 sebagai "Leopard 2" dengan Leopard asli retroaktif menjadi Leopard 1. Tujuh belas prototipe diperintahkan tahun itu (hanya enam belas lambung dibangun). Mereka harus memiliki berat maksimum lima puluh ton metrik.
Pada
tanggal 11 Desember 1974 Nota Kesepahaman ditandatangani dengan Amerika
Serikat untuk produksi bersama kemungkinan suatu MBT baru, setelah
Amerika telah membeli dan diselidiki prototipe nomor lambung tujuh pada
tahun 1973. Mengingat
pengalaman di Yom Kippur tingkat yang jauh lebih tinggi dari
perlindungan dituntut dari yang diimplementasikan dalam prototipe, yang
digunakan berat armor spasi miring. Kelas berat badan meningkat menjadi enam puluh ton. Prototipe
nomor empat belas menara diubah untuk menguji konfigurasi baju baru,
dan berubah menjadi menara blockier mencari akibat menggunakan baju besi
baja vertikal berlubang, itu sudah sudah jauh lebih produktif daripada
menara dari Leopard 1 karena internal yang besar amunisi loker penyimpanan dalam kesibukan belakang. The Leopard 2 sehingga awalnya digunakan armor berlubang, dan tidak Chobham armor seperti yang kadang-kadang diklaim. PT-14 menggunakan 120 mm Rheinmetall pistol (sebagai akhirnya melakukan Abrams AS). Setelah
ini, dua hulls prototipe baru dan tiga menara diperintahkan, satu
(PT-20) mounting L7A3 asli 105 mm gun dan api Hughes sistem kontrol,
kedua (PT-19) dengan sistem pengendalian kebakaran yang sama tetapi
mampu " swap
keluar "pistol untuk desain 120 mm Rheinmetall (itu memang jadi berubah
oleh Amerika), dan satu lagi (PT-21) mounting Hughes-Krupp Atlas
Elektronik EMES 13 sistem pengendalian kebakaran, dengan pistol mm 120.Leopard 2 Prototipe (pre-series) PT 19 (1978)
Pada
pertengahan 1976 prototipe 19 dikumpulkan dan dikirim ke Amerika
Serikat, bersama dengan nomor lambung dan dua puluh kendaraan target
khusus untuk menguji armor. Prototipe disebut Leopard 2AV (Versi Austere) karena memiliki sistem pengendalian kebakaran disederhanakan. Tiba
di AS pada akhir Agustus 1976, dan tes perbandingan antara Leopard 2
dan XM1 (nama prototipe M1 Abrams untuk) prototipe diadakan dari 1
September di Aberdeen Proving Ground, yang berlangsung sampai Desember
1976. Tentara
AS melaporkan bahwa Leopard 2 dan XM1 yang sebanding dalam senjata dan
mobilitas, tetapi XM1 itu unggul dalam proteksi lapis baja. Hari
ini kita tahu ini benar dalam hal hit dengan muatan kosong; tetapi
melawan KE-2 menyerang Leopard hampir dua kali serta dilindungi sebagai
M1 aslinya (650 mm sampai 350 mm). Lebih
tradisional multi-bahan bakar mesin turbodiesel juga lebih dapat
diandalkan, dan memberikan kinerja yang sama dengan konsumsi bahan bakar
lebih sedikit, dengan lebih banyak suara, tetapi tanda tangan panas
yang lebih kecil. Ini
jenis mesin juga memungkinkan untuk startups mesin cepat dan shutdowns
untuk mencegah kebutuhan untuk waktu yang lama pemalasan di medan
perang. Hull
dua puluh dilengkapi dengan bobot simulasi, kemudian diketahui bahwa
ini hanya bisa disamai berat menara tanpa modul armor dipasang,
membatalkan semua data kinerja. Setelah
uji komparatif Leopard 2 lambung dikembalikan ke Jerman untuk evaluasi
lebih lanjut, namun menara tetap 19 dan dipasang pada lambung prototipe
tujuh, sementara senjata yang diubah untuk 120 mm Rheinmetall. Dalam
tes sampai Maret 1977 itu ditemukan jauh lebih unggul mm 105 L7
dipasang di Abrams, yang dikonfirmasi oleh berikutnya tangki NATO meriam
kontes.
Sebelum tes mulai Amerika Serikat telah memilih prototipe Chrysler XM1 untuk pengembangan penuh. Pada Januari 1977 Jerman memerintahkan kecil pra-seri tiga lambung dan dua menara, yang disampaikan pada tahun 1978. Kendaraan ini telah meningkat proteksi lapis baja di bagian depan lambung. Pada bulan September 1977 1800 Leopard 2 diperintahkan, yang akan diproduksi dalam lima batch. Yang pertama disampaikan pada tanggal 25 Oktober 1979. Tentara
Belanda sudah menolak M1 karena biaya operasional yang tinggi dan
penolakan oleh Amerika agar sesuai dengan versi Belanda dengan pistol mm
120 dan bukannya memerintahkan 445 2s Leopard pada tanggal 2 Maret
1979. Petenis
Swiss memerintahkan 35 tank pada tanggal 24 Agustus 1983 dan mulai
produksi lisensi 345 kendaraan tambahan pada bulan Desember 1987. Jadi
tidak menjadi sukses ekspor utama pada 1980-an (tidak ada tangki
generasi terbaru itu), jenis menjadi sangat populer pada 1990-an, ketika
tentara Jerman menyusut ditawarkan banyak 2s berlebihan nya Leopard
dengan harga berkurang. Ini
menjadi cukup sukses di Eropa bahwa produsen mulai menyebutnya Leopard
Euro, meskipun Perancis, Inggris, dan Italia semua operasi MBTS mereka
sendiri. Tetapi dengan lebih non-Eropa perintah, nama "Global-Leopard" sekarang digunakan sebagai gantinya. [4]DisainPerlindungan
The Leopard 2 menggunakan spasi, berlapis-lapis baja komposit seluruh desain. The
Leopard 2A5 dan model A6 memiliki perisai tambahan yang ditambahkan ke
depan menara, dan di rok lambung dan sisi [5] Perkiraan tingkat
perlindungan untuk rentang 2 Leopard dari 590 -. 690 RHAe pada turret,
600 RHAe pada glacis dan rendah
depan lambung pada 2A4 Leopard, ke 920 -. 940 RHAe pada RHAe, menara
620 pada glacis dan lambung depan lebih rendah pada 2A6 Leopard terhadap
proyektil kinetik [6] Tambang dilindungi Leopard 2A4M dan 2A6M
menambahkan perlindungan tambahan tambang piring
untuk perut, yang meningkatkan perlindungan terhadap tambang dan alat
peledak improvisasi [6]. Semua Leopard 2 varian setelah 2A6 Leopard
termasuk liners spall di bagian dalam tangki, melindungi kru [6]. The
2A6M Leopard BISA meningkatkan perlindungan terhadap granat roket (RPG) dengan memasukkan serpihan baju besi tambahan. [7]
Dua
kelompok 4 mortir 76 mm asap Wegmann dipasang di kedua sisi menara dan
dapat elektrik dipecat baik sebagai putaran tunggal atau dalam salvos
empat yang dipasang pada kebanyakan model Leopard 2, dengan pengecualian
2s Leopard Belanda, yang bukan dilengkapi
dengan sistem Belanda dirancang mortar asap dengan enam barel di setiap
sisi [6]. Swedish Leopard 2s menggunakan dispenser asap Perancis GALIX,
mirip dengan sistem yang ditemukan pada Leclerc Perancis. [8]
Para
kru juga dilindungi terhadap Nuklir, Biologi dan (NBC) Kimia ancaman,
karena 2 Leopard dilengkapi dengan sistem overpressurization NBC yang
menyediakan hingga 4 (0.004 kp/cm2) tekanan over-mbar dalam kendaraan
[6].
The Leopard 2 dilengkapi dengan sistem proteksi kebakaran. Empat 9 kg Halon pemadam kebakaran botol dipasang di tepat di belakang stasiun pengemudi. Botol
yang terhubung ke pipa dan selang dan diaktifkan secara otomatis oleh
sistem deteksi kebakaran, ketika temperatur naik di atas 82 ° C (180 °
F) di dalam kompartemen pertempuran, atau secara manual melalui panel
kontrol di kompartemen pengemudi. [6] An tambahan 2,5 kg Halon pemadam kebakaran juga disimpan di lantai bawah meriam utama.PersenjataanAmunisi penyimpanan dari Leopard 2A4.Primer
Persenjataan
utama untuk versi produksi Leopard 2 adalah Rheinmetall 120 mm
smoothbore pistol, baik dalam varian L44 (ditemukan pada semua 2s
produksi Leopard sampai A5), atau varian L55 (seperti yang ditemukan
pada 2A6 Leopard dan model selanjutnya) .
[6] 27 butir amunisi meriam utama disimpan dalam sebuah majalah khusus
di bagian depan hull, di sebelah kiri stasiun pengemudi, dengan 15
putaran tambahan disimpan di sisi kiri kesibukan turret, dan terpisah dari
kompartemen berjuang dengan pintu dioperasikan secara elektrik [6].
Jika area penyimpanan amunisi terkena, panel blow-off di atap turret
akan mengarahkan ledakan ke atas menjauh dari kompartemen kru [6] Pistol
sepenuhnya stabil., dan
dapat menembakkan berbagai jenis putaran, seperti putaran APFSDS-T
Jerman DM33 anti-tank, yang dikatakan mampu menembus 560 milimeter (22
in) dari baja baja pada kisaran 2.000 meter (2.200 yd) ,
[9] dan Jerman DM12 multiguna anti-tank proyektil (MPAT) [10] Untuk
pistol L55, seorang APFSDS-T baru putaran diperkenalkan untuk mengambil
keuntungan dari laras yang lebih panjang, DM-53,. yang dikatakan dapat
menembus lebih dari 810 mm dari baja RHAe pada kisaran 2.000 meter [6].
The evacuator membosankan dan lengan termal senjata itu dari A4 dan A5,
yang dirancang untuk mengatur suhu laras, yang dibuat dari kaca -diperkuat plastik. Laras
memiliki lapisan krom untuk meningkatkan kehidupan barel. [11] Pistol
utama adalah mampu mengangkat daya dari +20 ° sampai -9 ° [12].
Rheinmetall
telah mengembangkan upgrade untuk Leopard 2 tank untuk memberi mereka
kemampuan untuk menembakkan rudal anti-tank Lahat dipandu melalui meriam
utama,. Rudal dapat melakukan target ke berbagai 6.000 meter (20.000
kaki) [13]Sekunder
The Leopard 2 ini dilengkapi dengan dua senapan mesin, salah satu co-aksial dipasang, yang lain pada gunung anti-pesawat. Pada
model Jerman, dua senapan mesin MG adalah 3 7,62 mm senapan mesin, pada
model Belanda dan Singapura, dua senapan mesin FN MAG adalah senapan
mesin 7,62 mm, dan pada model Swiss, mereka Swiss MG 87 senapan mesin
7,5 mm. [6] 4750 butir amunisi senapan mesin yang dilakukan pada papan Leopard 2.Pemeriksa anti kebakaranLihat melalui pemandangan panorama R17 PERI
Sistem
kontrol api standar ditemukan pada 2 Leopard adalah EMES Jerman 15
kebakaran sistem kontrol dengan perbesaran ganda stabil pemandangan
utama. Pemandangan
utama memiliki Neodymium Garnet Itrium terintegrasi Aluminium (Nd:
YAG). State pengintai laser solid dan 120 elemen kadmium merkuri
telluride, CdHgTe (juga dikenal sebagai CMT) Zeiss sight termal yang
keduanya dihubungkan ke komputer kontrol tangki api [14 ]
Sebuah 8x cadangan tambahan teleskop FERO-Z18 sudah terpasang koaksial
untuk penembak. [6] Komandan memiliki periskop independen, Rheinmetall /
Zeiss PERI-R 17 A2. The
PERI-R 17 A2 adalah pemandangan periskop distabilkan panorama yang
dirancang untuk hari / malam observasi dan identifikasi sasaran, dan
memberikan pandangan semua bulat dengan melintasi dari 360 ° [14] Gambar
termal dari periskop komandan tersebut. Ditampilkan pada memantau di dalam tangki. Tank
produksi awal tidak dilengkapi dengan pemandangan termal, karena
pandangan yang tidak siap, dan sebagai gantinya sementara diganti 200
cahaya TV sistem PZB rendah (LLLTV). [6]
Suite pengendalian kebakaran mampu menyediakan hingga tiga nilai rentang dalam empat detik. Data Rentang ditransmisikan ke komputer pengendalian kebakaran dan digunakan untuk menghitung solusi menembak. Juga,
karena pengintai laser diintegrasikan ke dalam penglihatan utama
penembak, penembak mampu membaca pengukuran jangkauan digital secara
langsung. Jangkauan
maksimum dari pengintai laser hanya kurang dari 10.000 m dengan akurasi
pengukuran ke dalam 20 m di kisaran ini. [14] Sistem gabungan
memungkinkan Leopard 2 untuk terlibat target bergerak pada kisaran
hingga 5.000 meter sementara itu sendiri berada di bergerak di medan yang kasar.Tenaga penggerakLeopard 2 MTU MesinJerman Leopard 2A4 dengan turret snorkeling, 2010.
The Leopard 2 didorong oleh mesin MTU MB 873 diesel, yang menyediakan 1.500 PS (1.103 kW) dari output mesin. The
MTU MB 873 mesin diesel adalah empat-stroke, 47,6 liter, 12 silinder
multi-bahan bakar, knalpot turbo-charged, liquid-cooled engine, yang
memiliki tingkat konsumsi bahan bakar diperkirakan sekitar 300 liter per
100 km di jalanan dan 500 liter
per 100 km di seluruh negeri, dan digabungkan dengan gigi HSWL Renk 354
dan sistem rem. [6] [14] The Renk HSWL 354 transmisi memiliki 4 maju, 2
gigi mundur dengan konverter torsi dan benar-benar otomatis, dengan
sopir memilih
jangkauan. [6] The Leopard 2 memiliki tangki bahan bakar 4, yang
memiliki kapasitas total sekitar 1.160 liter, memberikan berbagai jalan
maksimum sekitar 500 km [6] Bersama, paket propulsi mampu mengemudi
Leopard 2. dengan
kecepatan jalan atas 68 km / h (yang terbatas-oleh hukum, tidak
teknis-sampai 50 km / jam selama masa damai), dan reverse atas adalah 31
km / jam. [6] The power pack dapat diubah dalam lapangan
di menit 35 [6]. Mesin dan transmisi dipisahkan dari kompartemen kru
melalui sekat tahan api. [14] Sebuah versi yang disempurnakan dari
EuroPowerPack, dengan 1.650 PS (1,214 kW) MTU MT883 mesin juga telah
diuji coba oleh Leopard 2 [14].
The Leopard 2 memiliki suspensi torsion bar, dan memiliki peredam gesekan maju. The
running gear terdiri dari tujuh ganda karet-Tyred roda jalan dan rol
kembali empat per sisi, dengan roda idler di depan dan sprocket drive di
belakang [6]. Trek adalah trek 570F Diehl, dengan karet-bashed konektor
end, yang memiliki bantalan karet dapat dilepas dan menggunakan 82 link di setiap lagu. Untuk
penggunaan di tanah es, sampai dengan 18 bantalan karet dapat diganti
dengan jumlah yang sama dari grousers, yang disimpan di haluan kendaraan
jika tidak digunakan [6]. Bagian atas trek ditutupi dengan side skirt,
dengan pertama roda dua dan jalan pemalas ditutupi oleh rok lapis baja. [12]
The
Leopard 2 dapat melewati air 4 meter (13 kaki) dalam menggunakan
snorkeling atau 1,2 meter (3 kaki 11 in) tanpa persiapan apapun dan
memanjat hambatan vertikal lebih dari satu meter.
Tentara Jerman telah memprioritaskan mobilitas nya Leopard 2 yang dianggap MBT tercepat yang ada. [15]Produksi
Pada
bulan September 1977, Kementerian Pertahanan Jerman memutuskan untuk
melanjutkan dengan rencana produksi 1.800 2s Leopard, yang akan
disampaikan dalam lima batch. Krauss-Maffei
dipilih lagi-lagi sebagai kontraktor utama, tapi kali ini Maschinenbau
Kiel (MaK), dari Kiel akan menjadi subkontraktor (45%) utama. Pengiriman
dimulai pada tahun 1979, dan pada tahun 1982 batch pertama dari 380
Leopard 2, 209 oleh Krauss-Maffei (. Chassis Nr 10.001-10.210) dan 171
oleh Mak (. Chassis Nr 20.001-20.172) selesai. Yang
paling awal dari mereka dilengkapi dengan intensifier gambar, 80
terakhir dengan sistem termal baru malam-penglihatan, dan ini kemudian
dipasang pada model sebelumnya.
Pelanggan
ekspor pertama adalah Belanda yang menerima 445 kendaraan antara Juli
1981 dan Juli 1986 [16] Belanda kemudian dijual kembali 114 ini (dan
satu menara) ke Austria, 80 ke Kanada pada tahun 2007, [17] lain 52 tank
ke Norwegia. dan akhirnya 37 ke Portugal. Swedia
juga mengakuisisi 280 macan tutul, 160 2A4s dari saham Jerman,
Stridsvagn ditunjuk 121, dan sisanya Leopard 2 (S) model (ditunjuk
Stridsvagn 122) serupa di konfigurasi dengan varian Leopard 2A5. Spanyol
pertama disewakan dan kemudian membeli 108 model 2A4 pada periode
interim sebelumnya 219 lisensi-dibangun 2A6 model Leopard (Leopard 2E)
yang siap untuk menggantikan mereka. Swiss membeli 380 antara tahun 1987 dan 1993. Sejumlah
negara juga menggunakan versi tangki, termasuk Polandia, Denmark,
Finlandia, Yunani (lisensi-dibangun Leopard 2Hel), Turki dan Chile. Jerman telah menerjunkan sekitar 2.125 Leopard 2s dalam berbagai versi. Desainnya juga diuji oleh Inggris pada 1980-an, yang akhirnya memutuskan pada Challenger 1. Tentara
Australia dievaluasi ex-Jerman 2s Leopard sebagai pengganti Leopard nya
1 tank pada tahun 2003 tetapi memilih Abrams M1A1.
Senin, 18 Februari 2013
Leophard 2
01.13
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar